Struktur Baja Untuk Konstruksi Bangunan


Konstruksi baja adalah struktur yang terbuat dari kombinasi terorganisir dari baja struktural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan arsitektur dan teknis.

Jenis struktur ini banyak digunakan dalam proyek konstruksi berskala menengah dan besar (pre-engineered building), karena selain ringan, juga cepat dalam proses pemasangannya.

Struktur baja meliputi sub-struktur atau bagian dalam sebuah bangunan yang terbuat dari baja struktural.

Baja struktural adalah bahan konstruksi baja yang dibuat dengan bentuk dan komposisi kimia tertentu sesuai dengan spesifikasi pada proyek tersebut.

Bahan utama dari baja struktural adalah besi dan karbon.Sedangkan bahan mangan, logam campuran, dan beberapa zat kimia tertentu juga ditambahkan pada besi dan karbon untuk menambah kekuatan dan ketahanan.

Baja struktural dibuat dari canai panas maupun canai dingin, atau dibuat dengan pengelasan antara plat datar atau plat tekuk, tergantung pada spesifikasi yang berlaku pada setiap proyek.
 

Model Struktur Baja


Baja struktural memiliki beberapa bentuk, ukuran dan alat ukur. Bentuk umumnya termasuk seperti berikut ini.

1. Beam :  Baja dengan bentuk penampang I.
2. HSS-shape : Bagian struktural berongga dengan bentuk meliputi persegi, persegi panjang, lingkaran (pipa) dan penampang elips.
3. Struktural talang : Balok berbentuk C atau baja dengan bentuk penampang C.
4. Angle : baja dengan bentuk penampang L (siku).
5. Plate : lembaran logam dengan ketebalan mulai dari 4 mm

Ada juga betuk lain yang merupakan pengembangan dari bentuk struktur utama baja yang di modifikasi atau diproduksi khusus untuk keperluan atau kebutuhan tertentu.

1. Z-shape :  Salah satu baja dengan pinggiran yang berlawanan dengan pinggiran yang lain.
2. Tee : baja dengan bentuk penampang T.
3. Profil rel : bentuk-bentuk pegangan, umumnya untuk tangga seperti : Strap rail, Flanged rail, Baulk rail, Barlow rail, Flat bottomed rail, Double-headed rail, Bullhead rail, Tangential turnouts, Grooved rail.
4. Bar : potongan metal, dengan bentuk potongan adalah persegi panjang namun tidak lebar hingga berbentuk.
5. Rod : batangan metal panjang dengan penampang bulat atau kotak
6. Balok web terbuka

Jenis Struktur Utama Baja

1. Truss structures: Bar or truss members
2. Frame structures: Beams and columns
3. Grids structures: latticed structure or dome
4. Arch
5. Prestressed structures
6. Beam bridge
7. Truss bridge: truss members
8. Arch bridge
9. Cable stayed bridge
10. Suspension bridge

Kelebihan Struktur Baja

1. Ramah Lingkungan

Penggunaan material baja ringan ini lebih ramah lingkungan ketimbang material kayu yang sering diganggu rayap sehingga memerlukan perawatan dan bahkan penggantian menyeluruh pada jangka waktu tertentu.

2. Pemasangan Cepat

Akurasi ukuran komponen baja mempercepat proses pemasangan dan memungkinkan pemantauan menggunakan manajemen dengan perangkat lunak untuk menyelesaikan pemasangan dengan lebih cepat.

3. Kesehatan Dan Keselamatan

Struktur baja di produksi di pabrik dan dipasang dengan cepat di lokasi konstruksi oleh tenaga terampil menjadikan struktur baja tetap aman.

Survei di bidang industri secara konsisten menunjukkan bahwa struktur baja adalah solusi paling aman.

Tidak menyebabkan pencemaran debu atau kebisingan dalam proses pemasangan struktur baja, hal ini karena pembuatannya yang dilakukan di pabrik.

4. Fleksibilitas

Aplikasi terbaru, kondisi pembebanan, ekspansi secara vertikal mudah untuk dilakukan di masa yang akan datang dan dapat diubah sesuai keinginan pemilik yang tidak dapat dilakukan oleh sistem perangkaan yang lainnya.

Kekurangan Struktur Baja

1. Presisi

Masalah yang paling umum ialah tidak adanya presisi pada garis level pasangan dinding bata atau balok beton yang menjadi tempat dudukan kuda-kuda rangka atap baja ringan tersebut.

Dengan demikian, diperlukan revisi berupa penambalan, pengganjalan, ataupun pembobolan dan pemangkasan di bagian-bagian yang tidak level.

2. Dilakukan Tenaga Ahli

Pada kasus lain, sering dijumpai pemuntiran pada bagian rangka atau profil baja tertentu akibat kecerobohan pemasangan.

Dan, yang sangat fatal adalah kelalaian dalam peletakan posisi profil baja yang berfungsi sebagai reng. Hal itu mengakibatkan kurang rapinya pemasangan genteng pada tahap selanjutnya.

3. Biaya

Masalah biaya menjadi kekurangan yang lain. Mahalnya harga pemasangan rangka atap baja ringan ini yang berlipat kali dibandingkan dengan rangka atap dari material kayu membuat golongan menengah-bawah belum dapat menikmati kenyamanan temuan arsitektur yang inovatif ini.

Catatan :

Ada beberapa saran yang hendaknya dipertimbangkan sebelum memakai material baja ringan produksi suatu pabrik/industri tertentu sebagai rangka atap.

Masing-masing produsen memproduksi material baja ringan ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih material baja ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya.

Setiap produsen material baja ringan ini menyediakan garansi bagi produk mereka. Pilihan garansi bervariasi antara 5 hingga 25 tahun.

Sebaiknya dihindarkan jatuhan adukan semen pada profil saat melakukan plesteran dinding atau ketika pemasangan nok genteng.

Adukan semen yang jatuh, selain mengganggu kebersihan dan kerapian perangkat kuda-kuda, memiliki daya lekat yang sangat kuat dan dapat, yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan coating material baja tersebut.

Lapisan atau coating berfungsi sebagai pelindung material baja ringan dari proses korosi atau karat.

Dengan lapisan tersebut, daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melakukan goresan apa pun terhadap lempengan (profil) rangka atap baja ringan.

Proses karat biasanya akan muncul pada lubang-lubang bekas bor untuk pemasangan sekrup lantaran di bagian ini lapisan coating telah terkelupas.


Sumber :
http://rumahdurensawit.com/artikel/?p=392
Struktur Baja Untuk Konstruksi Bangunan Struktur Baja Untuk Konstruksi Bangunan Reviewed by Frets Wilson on October 19, 2018 Rating: 5

3 comments:

Powered by Blogger.