Back Up Data Konstruksi


Back Up Data Konstruksi adalah hasil perhitungan volume dan harga satuan dalam kontrak pelaksanaan pekerjaan kontraktor, baik sebagai rekaman output, maupun sebagai data pendukung pengajuan pembayaran sesuai opname progress di lokasi kegiatan.

Ada dua jenis back up data dalam pekerjaan proyek yaitu back up data kuantitas dan back up data kualitas.


Back Up Data Kuantitas

Adalah perincian kuantitas setiap item pekerjaan yang disepakati sesuai kontrak harga satuan pekerjaan. Dalam format back up data kuantitas, terdiri dari empat bagian sebagai berikut :

1. Bagian Kop

Judul laporan, adalah keterangan keseluruhan isi data pada setiap lembar perhitungan.

Data Umum adalah keterangan nama paket pekerjaan, nama perusahaan konsultan pengawas, nama perusahaan kontraktor pelaksana, nomor mata pembayaran, nama mata pembayaran dan satuan.

2. Kolom Sketsa Gambar

Disediakan untuk gambar penampang maupung typical penampang gambar yang telah selesai dikerjakan atau terhitung sebagai item terbayar.

3. Tabel Perhitungan

Berisi kolom nomor item, uraian pekerjaan, perhitungan dimensi, hasil perhitungan (panjang, luasan dan volume) dan keterangan.

4. Bagian Akhir

Tersebut data tiga unsur proyek yaitu kontraktor pelaksana sebagai pembuat beack up data, konsutan pengawas sebagai pemeriksa dan instansi pihak pengguna jasa misal instansi PU yang menyetujui.

Contoh :


Secara keseluruhan, buku back up data kuantitas dibuat sesuai dengan rincian perhiitungan dasar matematis bangun ruang dan dimensi. Beberapa jenis perhitungan juga diizinkan selama perhitungan tersebut memiliki otoritas yang jelas.

Setiap item dihitung mengikuti satuan pekerjaan masing-masing sesuai dasar perhitungan pembayaran dalam spesifikasi teknis yang di gunakan.

Sedangkan khusus untuk satuan LS (Lump Sum)atau harga perkiraan, dasarnya dihitung dengan perkiraan logis semua biaya termasuk fasilitas kerja, transportasi (alat, material dan tenaga) dan over cost untuk pengamanan maupun patroli pengawal (PATWAL).
 

Back Up Data Kualitas

Adalah data hasil pengujian terhadap item pekerjaan sesuai klasifikasi mutu yang di syaratkan. Pengujian pada umumnya dilakukan baik di laboratorium maupun di lapangan dan berlaku untuk semua pekerjaan di lingkup konstuksi.

Pengujian kualitas bertujuan untuk mengetahui klasifikasi suatu produk output kontraktor baik sebelum pekerjaan di lakukan, sapai selesainya pekerjaan.

Dalam pekerjaan proyek konstruksi, baik terhadap pekerjaan jalan, jembatan, gedung, dermaga, pelabuhan dan sebagainya, pada dasarnya memiliki tahapan pengujian yang berbeda tergantung spesifikasi dan kebutuhan akan pemenuhan nilai suatu kualitas pekerjaan.

Standart umum yang di gunakan pada tahap pengujian tidak lepas dari materi mutu dalam bidang ketehnikan.  Dimana setiap tahapan pengujian memiliki standart spesifikasi bersyarat melalui control kualitas yang berdampingan dengan pekerjaan fisik.

Contoh :


Sama halnya dengan kuantitas, back up data kualitas juga digunakan sebagai syarat pembayaran terhadap item terlaksana.

Akan tetapi tidak semua item dalam mata pembayaran pada kontrak pelaksanaan memiliki back up kualitas seperti halnya kuantitas.

Back up data kualitas memiliki standart spesifikasi pengujian tertentu yang tertuang dalam kontrak kualitas dan mengacu pada efisiensi pengendalian mutu terhadap item-item tertentu, yang memiliki kecenderungan kegagalan konstruksi di kemudian hari.

Selain itu juga, beberapa jenis item pekerjaan bahkan tidak efisien dilakukan atau tidak memiliki standart uji khusus, seperti item manajemen keselamatan lalu lintas dan pekerjaan minor.

Pengujian kualitas pekerjaan umumnya hanya dilakukan terhadap bahan material atau uji kelayakan structural suatu konstruksi yang memiliki korelasi terhadap keseluruhan mutu pekerjaan.

Catatan :
Setiap data dibuat secara terperinci masing-masing item pekerjaan disertai gambar typical atau dokumentasi lapangan.
Back Up Data Konstruksi Back Up Data Konstruksi Reviewed by Frets Wilson on August 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.