Cara Menggunakan Penghapus


Penghapus digunakan untuk menghapus objek yang salah saat proses menggambar. Jenis, fungsi dan kegunaannyapun ada bermacam-macam. 

Tergantung pada cara yang tepat untuk objek yang tepat pula, maka penghapus yang digunakan haruslah dipilih dan mempertimbangkan 3 hal seperti :

1. Kertas gambar
2. Alat Tulis
3. Cara menghapus

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk memastikan objek hasil menggambar dapat dihapus secara efektif dan efisien. 

Dalam hal ini, cara menghapus yang benar adalah dengan menggunakan jenis penghapus yang sesuai dengan objek yang akan dihapusnya, serta cara kita saat menghapus. 

Ada 4 jenis penghapus yang sering digunakan baik untuk menghapus objek tulisan maupun pada gambar-gambar bidang arsitektur. Berikut Cara Menggunakan Penghapus sesuai dengan jenis dan kegunaannya.


1. Penghapus Ruber

Penghapus ruber banyak kita temui pada ujung pensil yang biasanya berwarna orange. Tapi sekarang sudah diproduksi dengan berbagai jenis untuk berbagai keperluan.

Jenis penghapus ini sangat cocok untuk menghapus pensil grafit diatas kertas dengan cara, mengerus penghapus dan mengangkat pigmen dari permukaan.

Penghapus ini tidak akan merobek kertas kecuali digunakan terlalu agresif seperti menggesek secara berulang dan menekan sambil menggesek terlalu berlebihan diatas kertas kerja.

2. Penghapus Karet

Penghapus ini terbuat dari karet yang lebih lembut dari penghapus Ruber. Cara penggunaanyapun sama dengan penghaus Ruber yaitu digerus atau ditekan sambil digesek pada objek yang akan dihapus.

Perbedaannya adalah penghapus ini jarang sekali merusak kertas saat proses menghapus, meski ditekan dengan keras pada kertas.

Namun penghapus ini memiliki kekurangan yaitu gampang tergerus atau terkikis oleh kertas, sehingga walaupun nyaman digunakan, tapi tidak awet atau cepat habis.

3. Penghapus Kneaded/Remas

Sesuai dengan namanya, penghapus ini bersiat lembek dan fleksibel. Digunakan dengan cara diremas dan ditempelkan pada objek pensil yang akan dihapus diatas permukaan kertas.

Penghapus ini bekerja dengan cara mengangkat partikel-partikel grafit dan tanah liat, ditarik oleh adonan karet.

Penggunaannyapun lebih akurat dibandingkan dengan penghapus jenis yang lain. Juga tidak meninggalkan bekas goresan saat menghapus dan tidak kotor.

4. Penghapus Vinyl

Vinyl biasa juga disebut sebagai penghapus plastik. Bila tidak digunakan dengan benar maka bisa merusak permukaan kertas.

Kira-kira sama dengan cara menggunakan penghapus Ruber, penghapus ini sangat sering digunakan untuk jenis kertas yang keras seperti karton atau kertas kalkir.

Disarankan untuk tidak menggunakan penghapus ini dengan cara menekan terlalu keras, sehingga merusak atau membuat permukaan kertas dapat tergerus.


Sumber Referensi :
www.caramenggambar.com

Cara Menggunakan Penghapus Cara Menggunakan Penghapus Reviewed by Frets Wilson on October 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.