Menentukan Jumlah Lajur Jalan Perkotaan


Menentukan Jumlah Lajur Jalan Perkotaan ini berdasarkan prakiraan volume lalu lintas harian (VLR) yang dinyatakan dalam smp/hari dan menyatakan volume lalu lintas untuk kedua arah.

Karena pengaruh berbagai jenis kendaraan, maka dalam menghitung VLR, digunakan faktor ekivalen mobil penumpang (emp).

Ketentuan nilai emp, hanya untuk ruas jalan yang arusnya tidak dipengaruhi oleh persimpangan. Sedangkan apabila ruas jalan tersebut arus lalu lintasnya dipengaruhi oleh persimpangan dan akses jalan, maka titik kritis perencanaannya ada pada arus lalu lintas persimpangan.

Hitung Volume Jam Sibuk Rencana (VJR)


Kendaraan tak bermotor (sepeda, becak dan kendaraan ditarik hewan) tidak diberikan nilai emp, karena sangat bervariasi tergantung kepada kondisi lalu lintas pada saat itu.

Jika jumlah kendaraan jenis ini dominan, maka perlu dilakukan perencanaan khusus untuk menentukan fasilitasnya, misalnya dengan jalur khusus.

Pada jalan arteri, jika proporsi kendaraan tidak bermotor lebih besar dari 10 % dan atau perbedaan kecepatan rata-rata kendaraan bermotor dengan kendaraan tidak bermotor lebih besar dari 30 km/h, maka harus dibuat jalur lambat.

Volume jam sibuk rencana (VJR) merupakan prakiraan volume lalu lintas pada jam sibuk tahun rencana. Pada jalan 2-lajur-2-arah-tak terbagi, VJR dinyatakan dalam smp/jam untuk dua arah.

Pada jalan berlajur banyak, misal jalan 4-lajur-2-arah terbagi, maka VJR dihitung dalam smp/jam untuk arah tersibuk (Fsp). VJR dihitung dengan rumus :

Untuk jalan-jalan 2-lajur-2-arah :

VJR = VLR x (k/100) x (1/F)

Untuk jalan-jalan berlajur banyak, per arah :

VJR = VLR x (k/100) x (Fsp/100) x (1/F)

Dengan pengertian :

k = faktor volume lalu lintas jam sibuk (%); dalam hal tidak ada data, boleh digunakan k = 9.

F = faktor variasi tingkat lalu lintas per seperempat jam dalam jam sibuk; dalam hal tidak ada data, boleh digunakan F = 0,8;

Fsp = koefisien volume lalu lintas dalam arah tersibuk per arah (%) yang ditetapkan berdasarkan data; dalam hal tidak ada data, boleh digunakan Fsp = 60.

VJR digunakan untuk menghitung jumlah lajur jalan dan fasilitas lalu lintas lainnya yang diperlukan pada jalan arteri di kawasan perkotaan.

Hitung Kecepatan Rencana ( VR )


Kecepatan yang dipilih untuk mengikat komponen perencanaan geometri jalan dinyatakan dalam kilometer per jam (km/h).

VR untuk suatu ruas jalan dengan kelas dan fungsi yang sama, dianggap sama sepanjang ruas jalan tersebut. VR untuk masing-masing fungsi jalan ditetapkan sesuai tabel diatas.

Untuk kondisi lingkungan dan atau medan yang sulit, VR suatu bagian jalan dalam suatu ruas jalan dapat diturunkan, dengan syarat bahwa penurunan tersebut tidak boleh lebih dari 20 kilometer per jam (km/h).

Kendaraan Rencana


Dimensi kendaraan bermotor untuk keperluan perencanaan geometri jalan perkotaan, ditetapkan seperti pada tabel dimensi rencana dan seperti diilustrasikan pada Gambar dibawah ini, dengan memperhatikan ketentuan pada tabel VJR.


 

Sumber Referensi :
RSNI T-14-2004

Menentukan Jumlah Lajur Jalan Perkotaan Menentukan Jumlah Lajur Jalan Perkotaan Reviewed by Frets Wilson on November 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.