Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu DPT


Pasangan batu adalah susunan batu yang diantaranya diisi dengan bahan adukan semen atau mortar sebagai bahan pengikatnya.

Struktur ini diperuntukan untuk dinding penahan tanah, pondasi gorong-gorong plat (Plat Decker), atau pada kepala gorong-gorong besar, yang diperuntukan untuk menahan beban luar yang cukup besar.

Pasangan batu seringkali digunakan untuk membuat konstruksi dinding penahan tanah (gravity wall), dan juga untuk membuat pondasi bangunan atau rumah (biasanya dikenal dengan istilah pondasi menerus). 

Hal itu karena kemampuan konstruksi pasangan batu dalam menahan beban yang cukup besar. Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu DPT dengan nomor item 7.9 adalah sebagai berikut :

Tahap persiapan


Mengajukan request site yang memuat jadwal rencana kerja dan dokumen lain yang mendukung proses pelaksanaan pekerjaan, untuk diperiksa konsultan pengawas dan disetujui direksi pekerjaan.

Pembersihan lokasi sebelum pemasangan bowplank dan menyiapkan pondasi struktur baik elevasi dan dimensi galian.

Pengukuran dan pemasangan bouwplank sebagai acuan dimensi pasangan batu sesuai gambar kerja.


Tahap Pelaksanaan


1. Manajemen


Pengadaan bahan material pekerjaan pasangan batu seperti batu, pasir, dan semen ke lokasi pekerjaan. Bahan yang digunakan harus sesuai dengan yang disyaratkan.

Bahan material ditempatkan tidak jauh dan mudah dijangkau dari lokasi pekerjaan.

Jika diperlukan perlu disiapkan tempat penyimpanan khusus untuk bahan tau material, terutama untuk bahan semen agar penyimpanan semen dapat dilakukan dengan benar.

Bahan adukan atau mortar dapat disiapkan menggunakan alat concrete mixer atau secara manual. Jumlah kebutuhan pasir dan semen digunakan analisa harga satuan pasangan batu dalam kontrak kerja.

Melengkapi APD (Alat Pelindung Diri), bagi semua pekerja pasangan batu.

Memasang rambu-rambu peringatan atau penghalang pada titik awal dan akhir pekerjaan sesuai kebutuhan.

Material hasil galian dibuang pada tempat yang diperintahkan direksi pekerjaan.

2. Kerja

Pembuatan galian untuk pasangan batu sesuai dengan yang ditunjukkan oleh gambar rencana. Pekerjaan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan alat berat untuk menggali seperti excavator.

Dasar galian dibuat rata dan diberi landasan dari adukan semen dengan pasir setebal minimal 3 cm sebelum meletakkan batu pada lapisan yang pertama.

Batu dengan ukuran yang besar diletakkan pada lapisan dasar atau lapisan yang pertama dan pada sudut sudut dari pasangan batu tersebut.

Batu dipasang dengan muka terpanjang secara mendatar dan untuk muka batu yang tampak atau berada paling luar dipasang sejajar dengan muka dinding batu yang terpasang.

Batu yang digunakan dibersihkan dan dibasahi sampai merata selama beberapa saat agar air dapat meresap.

Setiap rongga atau celah antar batu diisi dengan bahan adukan dari semen dan pasir sesuai dengan komposisi campuran yang ditentukan setebal 2-5 cm.

Pada setiap 2 meter dari panjang pasangan batu dibuat lubang sulingan. Kecuali ditentukan lain oleh gambar atau direksi pekerjaan. Lubang sulingan dapat dibuat dengan memasang pipa pvc yang berdiameter 50 mm.

Pada permukaan akhir, dibuat rata sesuai elevasi dalam gambar dengan tambahan adukan beton setebal 2 cm. Sedangkan untuk plesteran dinding dilakukan dengan membuat pola mata sapi dengan tebal 2 cm.

3. Pengendalian

Landasan untuk lapis rembesan air (permeable) dan katung penyaring disediakan bila diperlukan.
Pada struktur dengan panjang menerus, dipasang deletasi setebal 3 cm pada rentang jarak tidak lebih dari 20 m.


Pekerjaan Akhir

Pembersihan akhir, baik pada permukaan pasangan batu yang terekspose, maupun terhadap sisa sisa bahan selama pelaksanaan.

Pengajuan opname dan perbaikan terhadap pasangan batu yang tidak memenuhi ketentuan.
Mengembalikan semua peralatan kerja atau demobilisasi.


Sumber :
Spesifikasi Umum 210 rev 3 Divisi 7.9
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu DPT Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu DPT Reviewed by Frets Wilson on January 08, 2020 Rating: 5

1 comment:

  1. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    Plus, making money online using it is as simple as 1---2---3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add push button traffic (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready to make money ONLINE???

    Click here to activate the system

    ReplyDelete

Powered by Blogger.