Langkah Kerja Muthual Check 0%
Muthual Check 0% adalah kegiatan survey kondisi awal lapangan secara detail selama periode mobilisasi.
Proses ini dilakukan oleh 3 (tiga) instansi terkait proyek yaitu departemen terkait selaku pemilik proyek, konsultan pengawas selaku pengawas teknik dan Kontraktor pelaksanan selaku penyedia jasa pelaksana.
Pekerjaan Persiapan
Sebelum pekerjaan survey dimulai, ketiga pihak melakukan koordinasi dan mempelajari gambar rencana kerja dan menetapkan jadwal pelaksanaan survey untuk memastikan dan memperbaiki setiap kesalahan dan perbedaan yang terjadi.
Survey ini berguna untuk megetahui dan membandingkan kondisi lapangan dengan design rencana kerja dan hasilnya adalah kesepakatan dalam pembuatan gambar kerja sesuai perubahan untuk kontrak addendum.
Survey dilakukan terhadap semua jenis item kontrak yang berkaitan dengan uraian jenis pekerjaan, volume kebutuhan lapangan, harga satuan dilengkapi dengan berita acara pemeriksaan bersama, schedule rekap MC 0% maupun semua data-data menyangkut lokasi proyek.
Uraian Pekerjaan
Dalam dokumen kontrak, tercantum semua data proyek seperti identitas proyek, nama paket pekerjaan, kordinat lokasi pekerjaan, stasiun dan kilo meter, peta lokasi dan quarry maupun nama pihak-pihak atau instansi terkait proyek.
Pemeriksaan penting dilakukan terhadap item kontrak secara detail dengan kondisi lapangan agar dapat diketahui semua jenis kegiatan yang tercantum dalam design rencana dan dapat dilakukan penanganan secara efektif dan efisien.
Pemeriksaan tersebut menyangkut fungsi konstruksi, elevasi maupun efisiensi pemanfaatan anggaran.
Berkaitan dengan uraian pekerjaan, volume kebutuhan lapangan dihitung sesuai design perencanaan dalam kontrak kerja yang disepakati secara efektif dan efisien sesuai fungsi dan kegunaannya dengan pertimbangan harga satuan yang berstandart, sehingga seimbang dengan ketersediaan anggaran.
Untuk penentuan harga satuan pekerjaan dilakukan sesuai standart harga satuan nasional atau daerah dimana proyek itu dilakukan dan bilamana terjadi perubahan akibat penyesuaian anggaran daerah maka dilakukan perubahan tanpa merubah anggaran dasar yang disepakati dalam dokumen kontrak kerja.
Berita Acara
Berita acara merupakan suatu berkas yang dibuat untuk melengkapi dokumen administrasi proyek, guna menjadi bukti bahwa telah dilaksanakannya pemeriksaan bersama oleh 3 (tiga) instansi proyek kepada otoritas proyek sesuai prosedur yang berlaku.
Dibuat sebagai acuan waktu rencana pelaksanaan kegiatan dari mulai dikeluarkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sampai dengan berakhirnya kontak (PHO).
Dalam schedule rencana kerja, tercantum semua urutan kuantitas pekerjaan mulai dari uraian pekerjaan, volume, harga satuan, waktu kerja, persentase bobot, maupun perbandingan daviasi dan progress terlaksana.
Hal ini memudahkan pihak proyek dalam mengontrol progress pelaksanaan pekerjaan setiap hari dengan akurat dan professional.
Setelah pekerjaan survey lapangan ini selesai, penyedia jasa atau kontraktor menyerahkan laporan lengkap mengenai detail pelaksanaan pada setiap mata pembayaran pekerjaan akan diterbitkan secara bertahap dan detail dari hasil survey lapangan.
Daftar kuantitas dan harga dalam kontrak pekerjaan akan direvisi terhadap seluruh rancangan yang telah selesai, dimana revisi ini berdasarkan data survey lapangan yang dikumpulkan sebagai bagian dari lingkup pekerjaan dalam kontrak.
Laporan tersebut nantinya diperiksa dan diverifikasi oleh otoritas dalam hal ini pihak perencana proyek agar dapat diketahui harga terkoreksi maupun keseimbangan ketersediaan anggaran terhadap efisiensi kebutuhan lapangan.
Adapun cara setiap pelaku proyek dalam melakukan metode ini berbeda-beda, tergantung kemampuan setiap engineer dalam memriksa,meneliti,menganalisa dan mengelola lokasi serta data yang ada sebagai tindak lanjut dari program rencana kerja proyek
No comments: