Program Mutu Pekerjaan Lapis Resap Pengikat


Pengendalian mutu dilakukan mulai pada tahap pengajuan material sampai dengan setelah lapis resap pengikat diterima dan disetujui.

Dimulai dengan pengajuan bahan aspal yang bersertifikat dari pabrik pembuat dan catatan kalibrasi semua alat ukur yang memenuhi syarat bahan lapis resap pengikat.


Bahan Lapis Resap Pengikat

Bahan aspal untuk lapis resap pengikat adalah salah satu dari 2 jenis bahan berikut :

1. Aspal Emulsi

Jenis aspal emulsi yang digunakan adalah reaksi sedang (medium setting) dan reaksi lambat (slow setting). Ini jenis yang baik digunakan sebagai bahan lapis resap pengikat karena dapat menunjukan peresapan yang baik terhadap agregat.


Proporsi campuran aspal ini menggunakan air karena aspal emulsi sudah mengandung residu hasil penyulingan minyak bumi sebagai pelarut  (aspal dan pelarut) tidak kurang dari 60%.

Penetrasi aspal emulsi adalah 80/100  yaitu aspal tipe AC dengan penetrasi antara 80 – 100. Penetrasi juga merupakan tingkat kekerasan bahanbitumen pada suhu tandar 250 C dan dijadikan acuan untuk klasifikasi aspal.

Artinya bahwa untuk menentukan nilai penetrasi bitumen keras atau lembek (solid atau semisolid) dengan memasukkan jarum ukuran tertentu, beban dan waktu tertentu kedalam bitumen pada suhu tertentu pula.

Prosedur pemeriksaan mengikuti PA-0301 76 dan besamya angka penetrasi yangdi syaratkan dalam spesifikasi untuk aspal AC 80-100.

AASHTO mendefinisikan nilai PEN 40-50 sebagai nilai PEN untuk material bitumen yang paling keras dan PEN 200-300 untuk material bitumen yang paling lembek.

Besar nilai PEN sangat bergantung dari suhu. Pengujian dalam suhu yang berbeda, dapat menghasilkan nilai yang berbeda pula.

Variasi nilai PEN terhadap suhu dapat disusun sedemikian rupa sehingga dihasilkan grafik hubungan antar suhu dengan nilai PEN.

Komposisi aspal emulsi untuk pemakaian bahan lapis resap pengikat adalah 1 bagian air bersih berbanding 1 bagian aspal emulsi. Diaduk menggunakan pengaduk mekanis.

Satuan untuk pengukuran komposisi lapis resap pengikat ini biasanya dengan satuan berat atau liter.

Jika digunakan 1 drum aspal emulsi beratnya 150 kg, maka pemakaian air juga sama yaitu 150 liter yang dianggap 150 kg.

Sedangkan pemakaian per sekali pemanasan biasanya tergantung kapasitas wadah tempat pemanasan atau hands sprayer yang disediakan.

2. Aspal Semen

Aspal semen untuk lapis resap pengikat harus mempunyai penetrasi 80/100 atau 60/70.

Proporsi campuran aspal ini menggunakan minyak tanah untuk mengencerkan aspal, karena aspal ini tergolong aspal asli dari mineral alam.

Komposisi campuran aspal ini adalah 80-85 (80pph-85pph) per 100 bagian aspal semen.


Peralatan Lapis Resap Pengikat


Untuk penyiapan dan pembersihan lahan digunakan compressor angin dengan daya secukupnya atau dapat juga menggunakan sapu mekanis.

Menggunakan distributor aspal secara hirolik harus sesuai standar spesifikasi atau minimal dilengkapi dengan thermometer dan tongkat celup untuk control kadar dan suhu lapis resap perekat.

Jika menggunakan alat penyemprotan tangan (hands sprayer) secara mekanis harus dilengkapi tangki aspal dan pemanas dan dilengkapi dengan lubang pengatur keluar.

Alat penyemprot harus tetap dipelihara dan dijaga kebersihannya sehingga efektif digunakan variasi sesuai spesifikasi atau petunjuk direksi.


Pengujian

Pengujian dilakukan terhadap berat kandungan lapis resap pengikat, dengan cara melintaskan batang seprot pada kertas uji dengan ukuran 25x25 cm dan dilakukan setiap 200 meter untuk mengetahui berat rata rata lapis resap pengikat terhadap arah melintang penyemprotan.

Ketentuan berat lapis resap pengikat pada tiap lembar tidak boleh melampaui 15 persen berat rata rata jumlah lembar uji.

Sasaran berat rata-rata dapat diketahui dengan pembacaan tongkat ukur sebelum pemakaian dengan perbandingan perhitungan berat pemakaian setelah dilakukan penyemprotan berdasarkan hasil uji .

Pengujian dilaboratorium dilakukan untuk mengukur dan menghitung berat lapis resap pegikat dengan timbangan yan terkalibrasi.


Sumber :
Spesifikasi teknis 2010 rev 3 divisi 7.9
Program Mutu Pekerjaan Lapis Resap Pengikat Program Mutu Pekerjaan Lapis Resap Pengikat Reviewed by Frets Wilson on May 26, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.