Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Pilihan


Timbunan Pilihan adalah item pekerjaan yang termasuk dari salah satu bagian dari lapis perkerasan jalan.

Pekerjaan ini meliputi persiapan lokasi pekerjaan, pengadaan material, penghamparan, pemadatan, pengujian, opname dan perapian pekerjaan.

Karena material ini merupakan material asli (natural), sehingga material  ini tidak membutuhkan pengujian JMD dan JMF seperti layaknya agregat.

Pengujian yang dilakukan hanya sebatas pengujian material untuk mengetahui karakteristik material apakan layak digunakan sebagai perkerasan jalan sesuai batas persyaratan kualitasnya.

Berikut Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Pilihan item 3.2.2 :


Pekerjaan Perisapan

Mengajukan Reques program kerja (Program Kerja) termasuk metode kerja, schedule, peralatan, personil kerja, gambar kerja  permohonan penggunaan material yang akan digunakan untuk memperoleh persetujuan dari konsultan sebagai direksi teknis.

Pengadaan peralatan baik alat berat maupun peralatan pengujian untuk control kualitas sesuai dengan spesifikasi standart.

Membuat stack out sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan termasuk dimensi pembentukan badan jalan dan pemadatan.


Tahap Pelaksanaan


Material timbunan pilihan yang disetujui dereksi teknis (konsultan Pengawas) dan direksi pekerjaan (PU), didatangkan kelokasi menggunakan dump truck dan ditumpuk dengan jarak tertentu dilokasi pekerjaan.

Timbunan pilihan dihampar menggunakan motor grader dengan persyaratan tebal gembur yang telah disepakati.

Hasil Hamparan Timbunan pilihan disiram air secukupnya menggunakan water tanker lalu dipadatkan menggunakan vibrator roller dengan passing tertentu sampai mencapai kepadatan rencana.

Melakukan pengujian control kualitas apakah timbunan plihan sudah memenuhi syarat-syarat spesifikasi umum.


Pekerjaan Akhir

Setelah timbunan pilihan dinyatakan telah memenuhi kriterian uji maka dilakukan pengajuan kepada direksi untuk dilakukan proses opname dimensi agar timbunana pilihan tersebut sudah termasuk progress sehingga dapat dibayarkan.

Rutin cek menggunakan metode proff railing test agar kondisi kondisi timbunan pilihan dapat terus terpantau sampai pada pelak=isan perkerasan jaan berikutnya.

Demobilisasi peralatan dan pembersihan akhir.

Catatan :


Area pekerjaan harus bebas dari material organic dan anorganik, sehingga perlu dilakukan pembersihan sebelum dimulainya pekerjaan. Pembersihan dapat menggunakan kompresor maupun secara manual dengan  sapu.

Jika pada kondisi setelah pengujian sand cone test ditemukan bahwa terdapat titik sta yang tidak memenuhi minimum standar kepadatannya, maka timbunan pilihan tersebut harus segera dilakukan treatment (perbaikan) dengan melakukan pemadatan kembali sampai timbunan pilihan tersebut memenuhi standart kepadatan yang ditentukan.

Untuk timbunan pilihan pada kondisi biasanya, pihak direksi mengizinkan dilakukan open trafik sebelum dilakukan penghamparan pada lapis berikutnya.

Open trafik ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja fungdional lapis perkerasan jalan pada kestabilan tertentu.


Sumber :
Spesifikasi Umum 2010 rev 3 divisi 3.2.2.
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Pilihan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Pilihan Reviewed by Frets Wilson on May 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.