Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Untuk Selokan Drainase Dan Saluran air


Pekerjaan ini adalah termasuk dalam divisi 2 item spesifikasi teknis untuk pekerjaan jalan dan jembatan.

Tidak termasuk pekerjaan utama, namun sebagai bangunan penunjang atau pelengkap jalan yang mendukung kinerja jalan fungsional.

Tahap-tahap pelaksanaan pekerjaan ini sebagai berikut :


Pekerjaan Persiapan

Detail hasil pengukuran kelandaian untuk penampang saluran, harus diberikan kepada konsultan dan direksi untuk diperiksa dan disetujui sebelum pekerjaan dilakukan.

Pengajuan kesiapan kerja dan jadwal pelaksanaan diperlukan untuk memastikan setiap pelaksanaan pekerjaan mendapatkan pengawasan dan dilakukan sesuai rencana yang disetujui.

Melaksanakan pembersihan sebelum dimulainya proyek, selama pekerjaan berlangsung dan sebelum selesainya proyek.

Menyiapkan dan medatangkan peralatan yang dibutuhkan di lokasi pekerjaan. Peralatan tersebut disiapkan sesuai dengan analisa harga satuan pekerjaan.

Pengukuran dan peberian stack out pada area yang akan dikerjakan.



Tahap Pelaksanaan


Pengerukan kedalaman galian sesuai gambar rencana kerja. Tinggi rendah pada kedalaaman galian diukur dengan acuan elevasi tanah pada pembuangan akhir.

Kanal, sungai dan sumber air yang berdekatan dengan lokasi galian tidak boleh diganggutanpa persetujuan direksi pekerjaan. Namun bila pekerjaan tidak dapat dihindari, kanal,sungai atau sumber air yang tercemar harus dikembalikan pada kondisi semula.

Bilamana terdapat utilitas atau bangunan lain disekitar lokasi pekerjaan, maka pelaksana harus mengupayakan untuk dilakukan relokasi atau penanganan secara khusus agar tidak berdampak pada gangguan publik.

Seluruh bahan hasil galian dibuang sesuai petunjuk direksi pekerjaan, agar dapat mencegah dampak lingkungan yang mungkin terjadi. 
 

Pekerjaan Akhir

Pengukuran untuk pekerjaan ini dilakukan untuk pembayaran dalam satuan meter kubik. Dan perbaikan penampang harus dilakukan bilamana terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian penampang dengan garis elevasi dalam gambar kerja.

Pembersihan akhir dan perapian area galian.

Pengembalian perlatan dan demobilisai alat berat.

Selesai

Catatan :

Pemakaian alat pada dasarnya digunakan sesuai dengan peralatan yang tercantum dalam analisa harga satuan pekerjaan.

Namun pada kondisi dimana pekerjaan mengalami keterlambatan atau akan dilakukan percepatan, maka kontraktor pelaksana dapat menggunakan excavator atau alat berat lainnya sesuai kebutuhan agar waktu pelaksanaan pekerjaan dapat maksimal.

Sedangkan untuk pembayarannya, tetap mengikutiharga satuan pekerjaan dalam analisa harga satuan yang disepakati.


Sumber :
Spesifikasi umum 2010 rev 3 divisi 2.1.
Proyek Pembangunan Jalan Akses Jembatan Holtekamp MYC 2018/2019
Proyek Pembangunan Jalan Akses Jembatan Merah Putih 2015
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Untuk Selokan Drainase Dan Saluran air Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Untuk Selokan Drainase Dan Saluran air Reviewed by Frets Wilson on June 22, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.