Prosedur Administrasi Pekerjaan Timbunan Pilihan


Administrasi umum pekerjaan timbunan pilihan disiapkan untuk memenuhi kewajiban setiap pelaku proyek mulai dari pekerjaan persiapan sampai dengan pekerjaan akhir. Prosedur administrasi pekerjaan timbunan pilihan item 3.2 adalah sebagai berikut :


Dokumen Persiapan

1. Kontraktor Pelaksana

Mengajukan Request site yang memuat jadwal pelaksanaan  pekerjaan dan gambaran umum pelaksanaan pekerjaan kepada konsultan pengawas.

Mengajukan gambar detail penampang melintang yang menunjukan permukaan  yang telah dipersiapkan untuk penghamparan timbunan pilihan.

Mengajukan metode kerja pelaksanaan mulai dari pemilihan bahan, pengangkutan, penghamparan dan perbaikan.

Mengajukan hasil pengujian kepadatan yang membuktikan pemadatan pada permukaan yang telah dipersiapkan sudah memenuhi ketentuan.

Menyerahkan 2 contoh bahan timbunan masing-masing 50 kg. Satu contoh untuk disimpan kontraktor dan satu contoh lain diserahkan kepada direksi pekerjaan untuk disimpan selama periode kontrak.

Menyerahkan hasil pengujian kepadatan sesuai dengan yang disyaratkan.

Menerahkan hasil pengukuran dan data survey yang menunjukan bahwa toleransi permukaan seperti dalam gambar yang telah disetujui.

2. Konsultan Pengawas

Memeriksa dan mengkoreksi setiap dokumen yang diajukan kontraktor pelaksana secara detail sebelum diajukan kepada direksi pekerjaan untuk disetujui.

Membuat jadwal rencana pengawasan utuk digunakan personil lapangan.

Membuat daftar rekaman pelaksanaan kerja kontraktor yang telah dipenuhi.

3. Direksi Pekerjaan

Memeriksa dan mengkoreksi setiap dokumen yang diajukan kontraktor dan telah diperiksa oleh konsultan pengawas sebelum  disetujui.


Dokumen Pelaksanaan

1. Kontraktor Pelaksana

Membuat data rekapan sifat-sifat bahan untuk keperluan rujukan.

Data pengukuran lahan yang akan direncanakan untuk penghamparan. Data ukur baik bersifat kondisi lahan permukaan maupun rencana elevasi, superelevasi dan kelandaian.

Laporan tertulis tentang kepadatan bahan timbunan pilihan dan sifat-sifatnya.

Membuat laporan rekaman harian aktivitas pekerjaan terperinci dari saat penentuan bahan dan peralatan, pemeriksaan, pengangkutan, penghamparan, pemadatan, manajemen, dan perlengkapan kerja.

Data uji lapangan dibuat sebagai lampiran untuk memenuhi dokumen mutu untuk back Up data progress realisasi.

Wajib membuat dokumentasi 0%, 50% dan 100% item galian biasa dengan ketentuan, dokumentasi menggunakan papan sta per 25 meter.

2. Konsultan Pengawas

Pengawas lapangan mecatat setiap aktivitas pelaksanaan harian aktivitas kontraktor dan konsultan termasuk permasalahan, hambatan pelaksanaan, progress, kerusakan peralatan, daftar peralatan harian,dan konflik social yang terjadi selama proses pelaksanaan berlangsungbeserta dokumentasinya.

Wajib membuat dokumentasi 0%,50% dan 100% item galian biasa dengan ketentuan, menggunakan papan sta per 25 meter dan dalam dokumentasi diwajibkan tampak salah satu atau lebih personil konsultan.

Membuat Laporan monitoring seperti mitigasi lingkungan, manajemen K3 dan manajemen keselamatan lalu lintas saat aktivitas galian biasa dilakukan.

Laporan cuaca harian inspector selama pekerjaan lapis resap pengikat dilakukan.

Data ukur surveyor sesuai opname realisasi dengan kontraktor pelaksana.

3. Direksi Pekerjaan

Menyaksikan proses pelaksanaan pekerjaan timbunan pilihan sampai pekerjaan selesai.


Dokumen Akhir

Back up data hasil opname pekerjaan dan data pengujian dibuat oleh kontraktor dan digandakan untuk diberikan kepada pihak konsultan supervisi dan direksi pekerjaan PU.

Semua dokumen umum harus dilegalitas/ditandatangani tiga unsur proyek yang dibuat oleh kontraktor pelaksana,diperiksa oleh konsultan pengawas dan disetujui oleh direksi pekerjaan dalam hal ini Koordinator pengawas lapangan PU.

Daftar Dokumen Umum :
1. Request Site Lapis Timbunan Pilihan
2. Metode Kerja Pelaksanaan Timbunan Pilihan
3. Laporan Harian
4. Back Up Data Opname Timbunan Pilihan
5. Data Uji Sand Cone Timbunan Pilihan
6. Data Uji CBR Timbunan Pilihan
7. Data Uji Plastisitas Indeks (PI) Timbunan Pilihan
8. Data Uji Gradasi Timbunan Pilihan
9. Data Uji Compaction Tes Laboratorium
10. Dokumentasi 0%, 50% dan 100% kontraktor

Daftar Dokumen Intern :
1. Rekaman Biaya Pelaksanaan Kontraktor
2. Catatan Harian Konsultan
3. Laporan Cuaca Konsultan
4. Dokumentasi 0%, 50% dan 100 konsultan
5. Dokumentasi aktivitas konsultan
6. Laporan Monitoring Konsultan


Sumber :
Spesifikasi Umum 2010 rev 3 Divisi 3.2
Prosedur Administrasi Pekerjaan Timbunan Pilihan Prosedur Administrasi Pekerjaan Timbunan Pilihan Reviewed by Frets Wilson on June 29, 2020 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.