Tumpuan Perletakan Mekanika Rekayasa


Perletakan adalah suatu konstruksi yang direncanakan untuk suatu keperluan tertentu. Tugas utama suatu tumpuan perletakan adalah mengumpulkan gaya akibat muatan yang bekerja padanya dan meneruskannya ke bumi.

Untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, maka konstruksi harus berdiri dengan kokoh. Kondisi yang harus dipertimbangkan adalah stabilitas konstruksi.

Suatu konstruksi akan stabil bila konstruksi diletakkan di atas pondasi yang baik. Pondasi akan melawan gaya aksi yang diakibatkan oleh muatan yang diteruskan oleh konstruksi kepada pondasi.

Gaya lawan yang ditimbulkan pada pondasi disebut: Reaksi. Dalam kasus ini pondasi digambarkan sebagai perletakan.

Berikut ini diuraikan tiga jenis perletakan yang merupakan jenis perletakan yang umum digunakan. Yaitu perletakan yang dapat menahan momen, gaya vertikal dan gaya horizontal sebagai berikut :

Tumpuan Perletakan Roll

Perletakan Roll atau geser, yaitu perletakan yang selalu memiliki lubang sendi. Apabila poros ini licin sempurna maka poros ini hanya dapat meneruskan gaya yang tegak lurus bidang singgung di mana poros ini diletakkan.

Artinya, tumpuan perletakan roll mempunyai reaksi tegak lurus landasan, atau tidak dapat bergerak searah vertikal.

Tumpuan Roll tidak dapat menahan gaya tarik dan tekan sembarang arah . Tumpuan ini hanya bisa menahan gaya tekan dan gaya tarik serarah vertikal saja.

Tumpuan rol tidak dapat menahan momen atau meneruskan momen. Gaya Reaksi roll ini dapat diproyeksikan pada arah vertical.

Tumpuan Perletakan Sendi

Perletakan sendi, yaitu perletakan terdiri dari poros dan lubang sendi. Pada perletakan demikian dianggap sendinya licin sempurna, sehingga gaya singgung antara poros dan sendi tetap normal terhadap bidang singgung, dan arah gaya ini akan melalui pusat poros.

Artinya, tumpuan ini mempunyai reaksi tegak lurus landasan, dan sejajar landasan. Atau bisa dikatakan juga perletakan sendi tidak dapat bergerak tegak lurus maupun sejajar landasan.

Tumpuan Sendi dapat menahan gaya tekan, tarik dari berbagai arah  vertikal dan horizontal, gaya tekan dan tarik ini tetap akan melalui pusat sendi.

Tumpuan sendi tidak dapat menahan momen atau meneruskan momen. Gaya Reaksi sendi ini dapat diproyeksikan pada arah vertikal dan horizontal.

Tumpuan Perletakan Jepit

Perletakan jepit, perletakan ini seolah-olah dibuat dari balok yang ditanamkan pada perletakannya, demikian sehingga mampu menahan gaya-gaya maupun momen dan bahkan dapat menahan torsi.

Artinya, reaksi V (vertical), H (Horisontal), dan M (Momen) adalah reaksi yang dipunyai perletakan jepit.

Perletakan ini tidak dapat bergerak pada arah tegak lurus (Vertikal), sejajar (Horisontal) dan juga tidak dapat berputar atau berotasi.

Tumpuan Jepit ini membuat Balok dalam keadaan kaku, justru karenanya dapat meneruskan gaya tarik dan tekan dengan sembarang arah.

Disamping itu juga dapat meneruskan momen. Dengan demikian tumpuan jepit ini dapat menahan Gaya Vertikal, Gaya Horizontal dan Momen.

Tumpuan Perletakan Bebas


Tumpuan bebas pada gambar pertama terjadi apabila kedua ujung balok dapat berputar secara bebas. Akibat pelenturan terhadap balok, akan terjadi putaran sudut pada ujung balok, dan panjang mendatar akan berkurang.

Pada gabar kedua, apabila beban P dihilangkan, maka kedua balok kembali pada keadaan semula, tetapi kedudukan ujung balok data bergeser.

Sedangkan pada gambar ketiga, untuk menhindari bergesernya tumpuan akibat pelenturan, maka kedua ujung balok diberi tumpuan Sendi dan Roll, sehingga pada kedua tumpuan dapat bergerak bebas, namun tidak terjadi perpindahan atau pergeseran tumpuan.

Tumpuan Perletakan Pedel

Tumpuan ini mempunyai sifat yang sama dengan tumpuan Roll, dimana titik tangkap dan garis kerjanya perletakannya diketahui.

Perletakan ini dapat meneruskan gaya melalui sumbu tiang yang bekerja melalui pusat kedua poros pada kedua ujungnya.

Hanya dapat memberikan satu reaksi yang menangkap pada titik tertentu, dan mempunyai satu arah tertentu.

Sumber Referensi :
Weni Murfihenni, ST., M.Pd

Tumpuan Perletakan Mekanika Rekayasa Tumpuan Perletakan Mekanika Rekayasa Reviewed by Frets Wilson on September 06, 2020 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.